Sunday, December 5, 2010

BELL BOEING V-22 OSPREY

Jangkauan yang luas, kecepatan dan fleksibilitas yang mumpuni, merupakan hal yang diinginkan oleh semua perancang pesawat. Tidak terkecuali pada V-22 ini. V-22 bukan sekedar pesawat atau helikopter biasa, akan tetapi perpaduan antara keduanya. Kecepatan dua kali lipat, jangkauan lebih jauh lima kali lipat, dan dapat terbang lebih tinggi dua kali lipat dari helikopter biasa menjadi keunggulan dari V-22 ini. Ini merupakan pertama kalinya dalam sejarah diproduksinya helikopter dengan rotor vertikal dengan posisi miring yang menggabungkan kinerja sebuah helikopter dengan kecepatan tinggi dan sayap pesawat terbang. Dengan dua kali kecepatan helikopter, mampu membawa hingga 24 pasukan, atau sampai £ 20.000 (9.072 kg) internal kargo atau £ 15.000 (6.804 kg) dari luar kargo.

V-22
V-22
V-22
Mesin yang handal dan tangguh
Dua Rolls-Royce AE1107C Liberty turboshaft memasok listrik untuk mesin V-22, menghasilkan 6.150 shp (4.586 kW) untuk masing-masing. Untuk keamanan dan kestabilan penerbangan, V-22 Menyuplai transmisi ke mesin lainnya, baik secara terpisah, maupun bersama-sama ke sumber daya pada rotor.
Dirancang dengan rotor lipat dan sayap yang dapat memutar, V-22 cocok untuk terbang diatas laut. Pesawat ini juga dapat landing dan mendarat diatas kapal induk
V-22Digunakan oleh Navy Amerika Serikat untuk berbagai misi seperti pencarian pasukan dan penyelamatan, menerbangkan dan mendaratkan bantuan logistik.
Helikopter ini dibuat oleh boeing bekerjasama dengan Bell Helicopter Textron Inc. Boeing bertangung jawab atas semua subsystems, digital avionics, dan fly-by-wire flight-control system.  Sedangkan rekannya yaitu Bell Helicopter textron Inc bertanggung jawab atas sayap, transmisi, empennage, rotor system dan pemasangan mesin.
V-22
V-22
V22
Spesifikasi Teknik
V-22 Osprey Technical Specs (Neg#: M-133608-076) Powerplant
* Dua Rolls Royce AE1107C turboshaft engines6-1-2009 1-57-10 PM
* Max and intermediate, shp (kW) — 6,150 (4,586)
Rotor System
* Blades per hub — 3
* Construction — graphite/fiberglass
* Tip speed, fps (mps) — 661.90 (201.75)
* Diameter, ft (m) — 38.08 (11.6)
* Blade folding – automatic, powered
Transmisi
* Lepas Landas VTOL, Normal Power 4570 rhp
* Lepas Landas VTOL, Interim Power 5183 rhp
Performa @ 47,000 lbs
* Kecepatan Maksimal, SL, kts (km/h) — 250 (463)
* Max rate of climb, SL, fpm (m/m)
3,200 (975)
* Service ceiling, ft (m) — 25,000 (7,620)
* Service ceiling, one engine inop, ft (m) — 10,300 (3,139)
* HOGE, ft (m) — 5,400 (1,646)
Range
* Unrefueled mission radius with 24 troops, nm (km) — 390 (722)
* Self-deployment, nm (km) — > 2,100 (3,892) with refueling
Kru
* Kokpit — crew seats — 2/3
* Kabin — crew chief and troop seats/litters — 1 + 24/12
Dimensi — Internal
* Panjang, max, ft (m) — 20.8 (6.34)
* Lebar, max, ft (m) — 5.7 (1.74)
* Tinggi, max, ft (m) — 5.5 (1.67)
Bobot
* Lepas Landas, vertical, max, lbs — 52,600 (23,859)
* Lepas Landas, short running, max, lbs (kg)
57,000 (25,855)
* Takeoff, self-deploy mission, lbs (kg)
60,500 (27,443)
* Cargo hook, single, lbs (kg) — 10,000 (4,536)
* Cargo hook, dual, lbs (kg) — 15,000 (6,147 )
Dimensi-eksternal
* Panjang, fuselage, ft (m) — 57.33 (17.48)
* Lebar, rotors turning, ft (m) — 84.6 (25.78)
* Panjang, stowed, ft (m) — 63.1 (19.23)
* Lebar, stowed, ft (m) — 18.5 (5.64)
* Tinggi, nacelles fully vertical, ft (m) — 22.1 (6.74)
* Tinggi, vertical stabilizer, ft (m) — 17.65 (5.38)
Kapasitas Bahan Bakar
* MV-22 gals (liters) — 1,721 (6,513)
* CV-22 gals (liters) — 2,037 (7,710)
* Aux, self-deployment, gals (liters) — up to 3 tanks, each 430 (1,628)

No comments:

Post a Comment