Wednesday, November 17, 2010

MENARA PISA ITALI

Profesor John Burland telah menghabiskan dua dekade terakhir berjuang untuk menyelamatkan - dan memahami - Menara Miring Pisa.


Pemandangan Piazza dei Miracoli Pisa's dengan menara miring yang terkenal, Foto: AP


Konstruksi pekerja menghapus kabel baja yang dikenal sebagai "suspender" dari dasar Menara Miring Pisa, Italia tengah, Selasa, 15 Mei 2001 Foto: AP


PROF JOHN BURLAND, yang keahliannya MEMBANTU Menara Miring Pisa. Foto: Kendall CLARE


Dari tahun 1990 hingga 2001, menara itu tetap tertutup - sebagai Komite Internasional untuk Perlindungan Menara Miring berusaha untuk menyelamatkannya dari kehancuran. Pengunjung ke Pisa diturunkan sebesar 45 persen.


Ini karya romantik awal mungkin tetap trio terbaik bangunan katedral di Bumi- khususnya menara tempat lonceng bergantung 15.000 ton (alias Menara Miring) didirikan hanya pada dasar m 200sq.


Kebodohan dan jenius bergandengan tangan, dan pengunjung telah terpikat sejak itu. Pisa terletak pada lapisan tipis lumpur aluvial lembut, di atas lapisan tebal lempung laut bahkan lebih lembut.


Penyelidikan dilakukan sepanjang abad ke-20 - 16 komite yang berbeda ditunjuk,  Burland adalah yang terakhir - tetapi tidak ada yang bisa bekerja tahu apa yang menyebabkan kecenderungan ini. Jika tanah itu seragam tidak stabil, mengapa menara bersandar selatan bukan utara?


Mussolini, Sementara itu, pikiran menara miring adalah simbol sepenuhnya tidak layak untuk Fasis Italia dan mencoba mengembalikan vertikalitas, yaitu dengan lubang pengeboran melalui lantai dan menuangkan 80 ton beton ke dalam yayasan. Seperti dalam banyak hal, meskipun, Il Duce gagal, dan menara terus stabil, mencapai 4.7m off-pusat pada tahun 1989 tersebut.


menara tempat lonceng bergantung Pavia tegak lurus sempurna, jatuh hanya karena lemah, dinding berusia berabad-abad.


Pada tahun 1990, Perdana Menteri Italia Giulio Andreotti menutup menara. "Ini merupakan suatu langkah yang berani," kata Burland, 'karena semua berbagai pihak yang bersangkutan "Pada tingkat nasional., Dua departemen pemerintah telah bertanggung jawab untuk keselamatan, Menteri Warisan Budaya dan Departemen Pekerjaan Umum.


Burland telah membantu menyelamatkan Big Ben dari kehancuran selama ekstensi Jubilee Line dari Sembilan Puluhan awal, namun kemajuan di Pisa jauh kurang halus.


"Ada 14 ego di tempat kerja dan sedikit kesamaan antara orang-orang dari berbagai disiplin ilmu tersebut," kata Burland. "Berbeda dengan rasional, diskusi gaya Inggris, pertemuan yang emosional, dengan pidato polemik dalam bahasa Italia selama berjam-jam.


Secara umum, para insinyur struktural tidak setuju dengan para insinyur geoteknik tentang apakah kunci itu terletak pada menara itu sendiri atau di bumi di bawah, sementara keduanya bertentangan dengan sejarawan seni, yang takut intervensi apapun dan menuntut karakter menara tempat lonceng bergantung.


"Itu adalah kebuntuan konstan. Saya sering ragu kami pernah mencapai sebuah resolusi, "mengingat Burland, salah satu dari dua non-Italia pada komite. Yang lainnya, seorang insinyur geoteknik Amerika, meninggal karena serangan jantung pada tahun 1996, sebagian disebabkan oleh tekanan dari bekerja di Pisa.


Aksi akhirnya diambil pada tahun 1992 (menguatkan lantai pertama dengan tendon baja, untuk mengurangi ketegangan pada pasangan bata rentan-nya) dan tahun 1993 (penumpukan 600 ton ingot timah di piazza ke arah utara menara, untuk imbangan yang ramping).


"Itu jam kami paling gelap, 'bergetar Burland. Jangkar adalah untuk menggantung, 40m dalam, dari kabel dikencangkan terhubung ke dasar menara. Mengingat Pisa yang tinggi, komite membekukan tanah dengan nitrogen cair yang mendasari sebelum jangkar dipasang, untuk melindungi penggalian mereka dari banjir. Masalahnya adalah, air memuai ketika membeku, sehingga air tanah dangkal beku mendorong tepat di bawah menara dan kemudian - setelah pembekuan sudah berhenti dan jangkar berada di tempat - menciptakan kesenjangan dalam tanah menara untuk menetap.


Pada malam 7 September 1995, Burland dipanggil untuk pertemuan komite darurat, dan Ladbrokes yang menawarkan peluang 11-4 menara tidak akan bertahan hingga abad ke-21. Jangkar rencananya segera ditinggalkan dan 300 ton ingot timah ditambahkan.


unggulan sejarawan lokal Pisa itu, Piero Pierotti, Dia berpendapat bahwa sampai hari ini, sampai dengan September, tindakan yang diambil tidak terutama untuk menyelamatkan menara, tapi 'untuk memberikan pekerjaan dan harga yang sangat menguntungkan untuk kroni kontraktor tertentu anggota komite Italia.


komite menekankan mereka memukul pada tendon baja 1992, ingot memimpin 1993 dan tahun 1995 berlabuh kabel sebagai murni tindakan sementara untuk mencegah keruntuhan struktural, sampai mereka menemukan solusi jangka panjang.


Burland yakin solusi tersebut - proses yang disebut ekstraksi tanah - dan akhirnya dia memenangkan atas sisa komite. Mirip dengan mikro, hal itu mensyaratkan pengeboran keluar potongan tanah dari bawah sisi utara menara - jauh dari ramping - dan memungkinkan gravitasi struktur membujuk kembali tegak. Hal ini memiliki keuntungan tidak menyentuh menara itu sendiri, sehingga menjaga para sejarawan seni bahagia.


'Tekanan itu sangat besar, sebuah keajaiban dunia modern yang dipertaruhkan - tapi aku tidak pernah meragukan logika ekstraksi tanah, "kata Burland,. Seperti terungkap dalam The Tower Restored, prosedur itu sebenarnya dirintis pada tahun 1832 oleh insinyur Victoria James Trubshaw di menara-gereja miring St Chad di Nantwich.


Pekerjaan dimulai pada tahun 1999, teknisi di piazza-situs dimonitor data dari 120 sensor mengatur di dalam dan di bawah menara.


Dan setelah cukup-hitung, Burland akan menyarankan berapa banyak pengeboran yang diperlukan dalam 12 jam ke depan. 70 ton tanah telah dihapus dan menara telah kembali ke kecenderungan awal abad ke-19.


"tujuan kami adalah untuk membuat menara sebagai intervensi aman dengan sesedikit mungkin 'ekstraksi tanah. Membawa menara belakang oleh 50 cm sampai empat meter di luar pusat - jumlah yang mengurangi kemiringan dan tegangan pada lantai pertama cukup rentan aman, namun juga mempertahankan khas ramping.


Pekerjaan resmi berhenti pada tanggal 17 Juni 2001, hari raya San Ranieri, santo pelindung Pisa's, disambut dengan parade warna-warni dengan menggelegar terompet dan kostum abad pertengahan.


"Ini aman selama 200 tahun, 'komite keluar menyatakan, percaya diri itu akan memakan waktu dua abad untuk menara merayap kembali ke kemiringan yang tahun 1999. Bahkan kemudian, insinyur bisa mengulang ekstraksi tanah tanpa terlalu banyak kesulitan dan memotong kecenderungan lagi. Bagian dari tujuan komite di Tulisan The Tower Restored adalah untuk mencatat setiap tindakan mereka untuk anak cucu.


Namun, berkat langkah-langkah kecil didokumentasikan diambil setelah pembukaan kembali, buku besar seharusnya tidak perlu konsultasi berat. Dimana tanah ekstraksi tertunda keruntuhan oleh berabad-abad, tetapi tidak pernah benar-benar menghentikan bersandar, Burland kemudian mengawasi solusi permanen, juga.


Melalui analisis data nya, Burland membuka misteri 800-tahun sebagai menara mengapa tidak bersandar selatan utara: yaitu, air berfluktuasi-di lapisan atas lumpur.


Berbekal informasi penting ini, pada tahun 2003, Burland memperkenalkan sistem drainase baru di bawah sebelah utara piazza itu, yang menurunkan dan menstabilkan air. Masalah terpecahkan.


kecenderungan terus dipantau setiap hari oleh OPP dan angka-angka baru menunjukkan bahwa menara itu tidak bergerak sama sekali antara 2003 dan 2009. "Ini benar-benar berhenti bersandar. Setelah ekstraksi tanah dan sekarang stabilisasi air, menara ini lebih aman dari sebelumnya, "kata Burland dengan campuran bangga dan lega

1 comment:

IBU TUTI TKI SINGAPUR said...

SAYA SEKELUARGA INGIN MENGUCAPKAN BANYAK TERIMAH KASIH KEPADA AKI NAWE BERKAT BANTUANNNYA SEMUA HUTANG HUTANG SAYA SUDAH PADA LUNAS SEMUA BAHKAN SEKARAN SAYA SUDAH BISA BUKA TOKO SENDIRI,ITU SEMUA ATAS BANTUAN AKI YG TELAH MEMBERIKAN ANKA JITUNYA KEPADA SAYA DAN ALHAMDULILLAH ITU BENER2 TERBUKTI TEMBUS..BAGI ANDA YG INGIN SEPERTI SAYA DAN YANG SANGAT MEMERLUKAN ANGKA RITUAL 2D 3D 4D YANG DIJAMIN 100% TEMBUS SILAHKAN HUBUNGI AKI NAWE DI 085-218-379-259

Post a Comment